Tuesday, May 5, 2020

Penyebab rem mobil macet dan cara mengatasinya

Forum Ads.id
Sebagai salah satu komponen mobil yang paling penting dan menyangkut keselamatan selama mengemudi, rem mobil harus dirawat dan dijaga selalu kondisi kerjanya. Ya, sistem rem memiliki peran penting untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan, oleh karenanya perawatan rem ini juga mutlak dan wajib dilakukan demi keselamatan selama berkendara.

Kelalaian untuk melakukan perawatan pada sistem rem ini bisa menimbulkan masalah besar yang mungkin akan muncul tiba-tiba selama kita mengemudi. Salah satunya adalah rem macet. Rem yang macet banyak memberikan dampak buruk bagi kendaraan. Mesin menjadi boros bahan bakar, pelek dan ban menjadi panas, belum lagi resiko mobil melintir saat dilakukan pengeremen mendadak.

Sebagai salah satu komponen mobil yang paling penting dan menyangkut keselamatan selama me Penyebab rem mobil macet dan cara mengatasinya

Penyebab rem mobil macet ini sangatlah banyak, mayoritas lebih dikarenakan kurangnya perawatan yang teratur terhadap sistem rem. Nah, artikel berikut akan menjelaskan apa saja penyebab rem mobil macet dan bagaimana cara mengatasinya, simak info penyebab rem mobil macet dibawah berikut.


1. Rem kotor dan berkarat


Rem kotor dan berkarat merupakan penyebab rem mobil macet yang paling sering ditemukan. Hal ini merupakan sesuatu yang umum karena letak rem yang sangat dekat dengan permukaan jalan. Kotoran-kotoran yang ada dijalan seperti debu, lumpur, pasir, air hujan, genangan air ketika banjir sangat mudah mengotori komponen rem.

Belum lagi jika kerja rem mobil terlalu berat dan sering panas sehingga menjadi penyebab vapour lock di dalam saluran rem mobil. Lambat laun, Vapour Lock (udara yang terjebak di dalam saluran rem) juga akan menyebabkan komponen rem bagian dalam ter-oksidasi oleh uap dan panas sehingga lebih cepat berkarat.

Semakin lama kotoran itu mengendap pada komponen rem, maka semakin cepat pula karat akan muncul yang akibatnya dapat menyebabkan rem mobil macet. Berikut beberapa komponen pada sistem rem yang kerap membuat rem mobil macet

  • Piston rem berkarat
  • Seal rem rusak dan terganjal kotoran akibat karat
  • Pin kaliper rem karatan dan tidak dapat bergerak bebas
  • Saluran rem terdapat lumpur akibat terlalu banyak terjadi vapour lock
  • Komponen penggerak pada rem tromol macet dan karatan atau terganjal kotoran
  • dan lain sebagainya

Solusi untuk mencegah rem kotor dan berkarat adalah dengan rajin melakukan pembersihan rem serta perawatan pada sistem rem mobil sobat. Ikuti jadwal service dan perbaikan rem secara teratur berikut dengan penggantian minyak remnya.


2. Terlalu lama tidak di gunakan


Penyebab rem mobil macet berikutnya adalah akibat rem terlalu lama tidak digunakan. Kondisi rem yang terlalu lama tidak digunakan juga akan mengakibatkan penurunan fungsi kerja masing-masing komponen rem.

Hal ini terjadi akibat perubahan suhu yang terjadi dan menerpa beberapa komponen rem secara langsung seperti pda komponen kampas rem dan cakram. Umumnya untuk rem yang lama tidak digunakan akan muncul karat di seluruh permukaan cakram. Selain itu, bagian kampas rem yang menempel dengan permukaan cakram juga akan menyatu dan kerap membuat macet pada rem tersebut.

Belum lagi dengan kondisi minyak rem yang akan mengalami perubahan kimia sehingga membuat titik didih menurun, karet-karet seal rem yang kerap membuat bekas pada permukaan dinding wheel cylinder, dan lain sebagainya.

Solusi untuk mengatasi penyebab rem yang macet akibat terlalu lama tidak digunakan adalah dengan melakukan pemeriksaan pada sistem rem secara menyeluruh, mengganti jika ada komponen rem yang rusak serta membuat jadwal rutin untuk mengoperasikan sistem rem tersebut.

Baca juga :


3. Masa pakai komponen rem yang sudah melewati batas waktunya


Penyebab rem mobil macet selanjutnya adalah karena masa pakai komponen rem yang sudah melewati batas waktunya. Hal ini umum terjadi pada komponen rem yang berupa seal berbahan karet.

Sebagai contoh penyebab rem macet untk kondisi ini adalah karet seal piston rem yang sudah kaku dan keras. Kondisi karet seal piston yang kaku dan keras ini umumnya dikarenakan faktor usia karet tersebut yang memang sudah waktunya diganti namun tidak dilakukan pengantian.

Karet seal untuk piston rem yang kaku dan keras akan mengunci piston di satu posisi saja sehingga mengakibatkan pergerakan piston rem menjadi terganggu bahkan ikut terkunci. Akibatnya rem mobil menjadi macet dan tidak dapat digerakkan.

Solusi untuk mengatasi penyebab rem mobil macet akibat masa pakai komponen rem yang suah melewati batas waktunya adah dengan melakukan pengantian komponen rem tersebut sesuai dengan jadawal service secara rutin.


4. Penyetelan rem yang tidak tepat dan terlalu rapat


Penyetelan rem yang tidak tepat dan terlalu rapat ini bisa menjadi penyebab rem mobil macet, kondisi ini bisa terjadi pada kedua jenis rem mobil yaitu rem cakram dan rem tromol.

Untuk rem tromol, macetnya rem bisa terjadi akibat kesalahan penyetelan free play (jarak bebas) pedal rem. Sedangkan untuk rem tromol kerap terjadi pada bagian pengatur kerapatan antara kampas rem (brake shoe) dengan permukaan tromol (brake drum)

Kesalahan penyetelan pada komponen rem yang posisinya terlalu rapat, dapat menyebabkan rem mobil macet akibat kampas rem terus menerus menekan cakram atau tromol.

Untuk mengatasinya, lakukan penyetelan ulang pada masing-masing komponen rem mobil sesuai dengan petunjuk dan spesifikasi yang sudah di tentukan oleh pihak pabrikan.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil